Selamat Kepada Leeds United, Klub Juara Kembali Berkompetisi di Premier League Musim Depan

by
Selamat Kepada Leeds United, Klub Juara Kembali Berkompetisi di Premier League Musim Depan

Ulasanbola Leeds United yang baru saja memastikan bahwa mereka akan kembali berkompetisi di satu tempat tertinggi pentas sepak bola di Inggris, Premier League musim 2020/21 setelah musim ini berakhir. Selama 16 tahun, mereka terdegradasi walaupun memiliki sejarah besar, dan kemungkinan besar akan kembali bermain untuk kompetisi tertinggi Inggris lagi.

Tim asuhan Marcelo Bielsa tersebut baru saja mengalahkan Barnsley dengan skor tipis di Ellan Road, hari Kamis (16/7/20) lalu. Hasil yang mereka dapatkan sebenarnya hanya membutuhkan satu poin saja demi mereka memastikan diri mendapatkan tiket promosi musim selanjutnya.

Lalu, hasil tersebut ternyata membuat Leeds bisa mengamankan puncak klasemen Championship jika rival mereka, West Brom kehilangan poin. Menyambangi Huddersfield, Jumat nanti memang bukan hal yang mudah bagi WBA. Namun, dengan kalah 1-2 di kandang Huddersfield, ternyata membuat mereka harus tersingkir.

Hasil yang tercatat oleh media, memastikan Leeds akhirnya bisa masuk menjadi klub promosi di Premier League musim depan di dua pertandingannya sisa. Kemudian, di puncak klasemen ternyata membuat West Brom juga mengumpulkan 82 poin di bawah Leeds United.

Kembali Berkompetisi di Premier League

Selamat Kepada Leeds United, Klub Juara Kembali Berkompetisi di Premier League Musim Depan

WE ARE BACK!!! @PremierLeague

— Leeds United (@LUFC) July 17, 2020

Kemenangan yang didapat Leeds kemarin, ternyata membuat Bielsa bisa menegaskan jika timnya tidak mungkin bergantung dengan hasil West Brom ataupun Brentford. Sebagai pelatih senior, dirinya juga tidak ingin terlihat di pertandingan oleh rival yang masih bersaing di kompetisi yang sama.

“Tidak mungkin, kami berpikir jika semuanya bisa di tangan sendiri. Kami juga akan memikirkan pertandingan yang akan datang. Secara matematis, situasinya sudah pasti berbeda, kami tidak mungkin berpikir sebagai tim promosi,” ungkap Bielsa.

Pelatih asal Argentina tersebut bisa saja bersantai-santai hingga akhir musim. Leeds sebagai tim asuhannya dipastikan naik kasta, paling buruknya juga mereka hanya runner-up bersama rivalnya, West Brom.

Peluang Juara

Selain menjadi tim promosi, ternyata Leeds juga memiliki peluang untuk menjuarai kompetisi Championship di musim ini. Hanya membutuhkan satu kemenangan, dua laga melawan Derby County atau Charlton tidak boleh sia-sia.

Ternyata, Leeds juga berhasil mencapai semifinal untuk turnamen Eropa format baru, yang kita tetap sebut Liga Champions tahun 2001. Sebagai runner-up kompetisi European Cup Winners Cup 1973, Leeds ternyata pernah jadi klub besar, dan saat ini harus merintis kembali ke level itu bersama pelatihnya sekarang, Marcelo Bielsa.