Solskjaer: Dominasi Manchester United Tidak Mungkin Dikalahkan Klub Seperti Liverpool

by

Ulasanbola Ole Gunnar Solskjaer yang masih melatih raksasa Inggris, berbicara mengenai rival beratnya Manchester United seperti Liverpool yang baru saja resmi meraih gelar Premier League musim ini. Setan Merah sendiri tercatat unggul sangat jauh karena sejarahnya mereka mengoleksi 13 gelar lebih banyak, di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Liverpool yang menggelar pesta kemenangan di Anfield, hari Jumat (26/6/20) dini hari tadi, akhirnya memiliki gelar juara Premier League lagi. The Reds mendapatkan trofi satu juara lagi setelah Manchester City mendalami kekalahan dari Chelsea di pekan ke-31.

Bagi Liverpool asuhan Jurgen Klopp, ini merupakan gelar pertamanya dalam sejarah Premier League sejak tahun 1992 lalu. Terakhir kali Liverpool juara liga saat itu adalah pada tahun 1990, ketika masih memakai format sebelumnya.

Menunggu selama 30 tahun lamanya, akhirnya Liverpool kembali menjadi juara liga Inggris saat dunia sedang terjadi pandemi. Gelar juara The Reds diraihnya dengan sangat dramatis. Dari total 31 laga yang sudah dijalankan, Liverpool asuhan Klopp hanya mendapatkan kegagalan untuk menang sebanyak tiga kali saja.

Pencapaian MU Bisa Bertahan Lama

Solskjaer: Dominasi Manchester United Tidak Mungkin Dikalahkan Klub Seperti Liverpool

Solskjaer sebagai pelatih Manchester United, mengakui jika Liverpool memang layak untuk menjadi juara Premier League musim ini. Karena itu, mereka yang bisa tampil sangat bagus memiliki capaian durasi sangat lama sepanjang masa di Premier League. Kemudian, Solskjaer sendiri memberikan respon mengenai keraguannya jika Liverpool bisa lebih baik dari United.

“Jumlah gelar Premier League yang kami menangkan bersama Sir Alex Ferguson sangat banyak. Dan saya sendiri, tidak berpikir jika itu akan mudah ditiru oleh klub manapun,” ujar Solskjaer saat dikutip media.

Tim United saat ini memang menjadi klub dengan raihan gelar Premier League paling banyak dari tim Inggris manapun. Memiliki markas di Old Trafford, United mengoleksi 13 gelar juara lebih banyak. Tidak ada klub satupun di Inggris yang memiliki trofi yang lebih dari 10 gelar.

“Sir Alex Ferguson sendiri merupakan seorang ahli sepak bola yang membawa timnya berada di puncak klasemen,” ucap Solskjaer.

Akan tetapi, pencapaian yang diraih sebelumnya ternyata menjadi kebanggaan pendukung Setan Merah. Namun, sejak Sir Alex Ferguson pensiun tahun 2013 lalu, United belum bisa meraih juara Premier League lagi. Mereka selalu kesulitan untuk bersaing meraih gelar Premier League hingga saat ini.

Memiliki Nasib yang Sama Seperti Liverpool?

Sir Alex Ferguson memang sebagai penanda era kejayaan Manchester United selama beberapa musim. Pelatih asal Skotlandia tersebut, bisa memupus puasa United selama 26 tahun lamanya. United sendiri saat itu kembali menjadi juara Premier League pada musim 1992/1993.

“Sebuah tantangan kami untuk memastikan puasa gelar ini tidak sampai selama 26 tahun akan lebih panjang lagi. Kami bisa melakukan apa saja untuk memperpendek periode tersebut,” jelas Solskjaer.

“Namun tentu saja, kami bisa melewati Liverpool saat itu,” pungkas pelatih yang merupakan legenda Manchester United.