Teknik Tendangan Penalti Pogba Dianggap Terlalu Beresiko

by
Teknik Tendangan Penalti Pogba Dianggap Terlalu Beresiko

Ulasanbola – Paul Pogba menjadi bintang utama atas kemenangan Manchester United melawan Young Boys di matchday pertama Grup H Liga Champions 2018/19 hari Kamis (20/9) kemarin. Pogba sukses menyumbang dua gol dan satu assist untuk gol Anthony Martial.

Satu dari dua gol yang Pogba cetak tercipta dari eksekusi tendangan penalti. Seperti biasa, pemain timnas Prancis itu memiliki gaya khas untuk melakukan tendangan 12 pas. Sebelum melepaskan tendangan, Pogba selalu berlari-lari kecil terlebih dahulu sampai mendekati jarak bola sekitar satu meter. Teknik ini juga dinilai memiliki kemiripan dengan teknik yang digunakan pemain asal Italia, Simone Zaza.

Meski pada laga kemarin Pogba sukses mengeksekusi dengan sempurna, tapi gaya tersebut dinilai memiliki resiko kegagalan yang besar. Analisis sepak bola Sky Sports, Ian Wright merasa Pogba telah mengambil resiko yang besar dengan menggunakan teknik tersebut. Menurut Wright, teknik tersebut akan sangat mudah ditebak kiper lawan jika si pengeksekusi melakukan kesalahan sedikit saja.

Resiko Kegagalan Tinggi

Resiko Kegagalan Tinggi

“(Teknik Tendangan Penalti) Itu benar-benar membuat saya merasa khawatir, lari panjang itu. Yang terburuk adalah gaya penalti seperti itu juga dilakukan Zaza untuk Italia, saat dia menendang bola jauh ke atas!” terang Wright.

“Kita telah melihat dia gagal melakukannya sekali ketika melawan Burnley, dan dia berhasil mencetak gol di pertandingan kemarin. Tetapi dia harus tetap menendangnya lebih tinggi.” tambah Wright.

“Dia berjalan sangat lambat dan ingin menendang bola keras ke arah atas. Jika dia tidak melakukannya dengan baik, kiper akan dapat menebak ke mana arahnya berjalan.” sambungnya.

Pemikiran yang sama juga disampaikan oleh mantan pemain Manchester City, Craig Douglas Bellamy. Menurut Bellamy cara menendang seperti itu tidak perlu dilakukan, cukup lakukan dengan ekseskusi sewajarnya jika ingin peluang gol lebih besar.