Ternyata MotoGP Akhirnya Menolak Digelar Tanpa Penonton Satupun

by
Ternyata MotoGP Akhirnya Menolak Degelar Tanpa Penonton Satupun

Ulasanbola – Carmelo Ezpeleta sebagai CEO Dorna Sports, mengakui jika dirinya menaolak untuk menggelar balapan MotoGP jika tribun penonton kosong. Dengan begitiu, kemungkinan ini juga tidak berarti sirkuit ditutup rapat. Pernyataan tersebut baru dinyatakan kepada media pada hari Selasa (10/3/20) kemarin setelah mengumumkan Seri Austin di Texas yang ditunda.

Namun sebelum itu, karena sudah merebak wabah virus corona di berbagai negara dunia, kelas MotoGP di Qatar tanggal (6-8 Maret) harus batal. Lalu untuj Seri Thailand tanggal (20-22 Maret) juga ditunda hingga 2-4 Oktober dan juga untuk Seri Austin, di Texas (3-5 A pril) harus ditunda hingga 13-15 November nanti.

“Semua bisa lihat nanti jika banyak balapan yang harus ditunda, namun untuk MotoGP akan tetap digelar karena alasan tertentu. Dan sekarang ini, MotoGP 2020 pasti dimulai tanggal 17-19 April di Argentina, walaupun mungkin itu akan ada keputusan lain,” ucap Ezpeleta.

Mayoritas Penonton Asal Italia

Ternyata MotoGP Akhirnya Menolak Degelar Tanpa Penonton Satupun

Sebagai seorang pria Spanyol, dirinys mengakui tidak bisa berbuat kepastian mengenai kebijakan pemerintah Italia yang harus mengkarantina warga negaranya hingga tangga 3 April 2020. Walaupun begitu, Ezpeleta juga bersedia akan menunda balapan hingga paddock MotoGP di sirkuit bisa kembali bersatu di setiap sirkuit.

“Total ada hingga 400 orang Italia untuk MotoGP, maka dari itu kami bakal menunda balapan jika memang dibutuhkan untuk keamanan. Jika banyak yang menolak juga, saya harus bagaimana lagi? Sya tidak mungkin menyerah, karena saat ini orang-orang Italia sedang uji coba di Jerez dengan MotoE dan tak ada masalah di sana,” ucap Ezpeleta.

Dia juga sempat menjelaskan dalam jumpa pers Grand Prix Qatar hari Kamis (5/3/20), Ezpeleta kembali menegaskan jika pihaknya tak mungkin menutup kemungkinan untuk menggelar balapan saat musim dingin, layaknya seperti negara tropis lainnya.

Hanya Ketika Urgent

“Yang bisa dipastikan, MotoGP tetap ada meski harus ditunda karena virus corona. Bahkan, pada musim dingin nanti kami pasti berangkat ke daerah yang cuacanya sedikit hangat. Pada saat ini, bisa menjadi momen krisis karena setapi hari di mana situasi membaik dan akan datang,” jelas Ezpeleta.

Ezpeleta juga mengakui bahwa pihaknya tidak suka dengan gagasan untuk menggelar balapan di sirkuit tanpa penonton. Hal itu diungkapkan karena melihat seperti kompetisi Bundesliga dan La Liga yang memutuskan menggelar pertandingan sepak bola di stadion tanpa penonton satupun. Karena itu, dirinya bakal menuirunya jika memang dibutuhkan.