Tidak Ada yang Bisa Jadi Pemimpin di Barcelona, Termasuk Lionel Messi

by
Tidak Ada yang Bisa Jadi Pemimpin di Barcelona, Termasuk Lionel Messi

Ulasanbola Legenda Real Madrid, Hugo Sanchez menilai Barcelona tidak memilliki sosok pemimpin yang dibutuhkan saat ini. Menurutnya, entah itu Lionel Messi maupun sang presiden, Josep Maria Bertomeu bukanlah pemimpin yang baik.

Barcelona mengakhiri musim 2019/20 dengan buruk. Kekalahan pahit atas Bayern Munchen di Liga Champions membuat Barcelona mengulang catatan buruknya 74 tahun yang lalu, yakni kalah dengan kebobolan delapan angka.

Musim ini juga mengulang kegagalan di musim 2007/08, yang mana saat itu Barcelona juga mengakhiri musim tanpa satu gelar pun.

Saat ini Barcelona sedang melakukan pembenahan besar-besaran. El Blaugrana sudah mendepak Quique Setien dan Eric Abidal selaku direktur olahraganya.

Namun Sanchez menilai perubahan itu tidak akan membuahkan hasil, jika Barcelona tidak memiliki pemimpin yang berjiwa kepemimpinan.

“Ada banyak keraguan di Barcelona karena kurangnya kepemimpinan dari presiden dan bahkan Lionel Messi sendiri.” kata Sanchez.

“Lionel Messi adalah seorang pemimpin, tapi tidak di level seorang pengambil keputusan.”

“Tidak ada jaminan bahwa Lionel Messi akan melanjutkan musim depan (bersama Barcelona). Tetapi jika sebuah tim ingin membawanya, maka mereka harus membayar 700 juta euro, yang merupakan klausul pelepasannya.”

“Jika Messi bertahan satu tahun lagi, dia pasti akan pergi (setelah kontraknya berakhir 2021).” terangnya.