Transfer Jurgen Klopp Membuat Liverpool Menjadi Semakin Kompetitif

by

Ulasanbola – Banyak pihak meyakini, jika banyak faktor yang membuat Jurgen Klopp di Liverpool dipercaya lagi untuk berkompetisi di Eropa, terutama Liga Inggris. Sang pelatih asal Jerman itu, sudah membuat keputusan ketika memboyong pemain baru. Hal seperti itu juga menjadi sebuah alasan utama mengapa the Reds terus berjaya hingga musim ini.

Jurgen Klopp memang baru mendarat di Anfield tahun 2015 lalu, setelah sang pelatih berpengalaman itu tidak melanjutkan kerja sama dengan Borussia Dortmund. Mantan pelatih Dortmund tersebut menggantikan Brendan Rodgers yang dipecat karena dianggap gagal memberikan hasil positif bersama the Reds.

Liverpool asuhan Klopp kemudian belum bisa berbuat banyak ketika memiliki pelatih anyar sekelas itu saat Rodgers didepak oleh pihak manajemen. Lagipula, Klopp saat baru datang di Anfield harus membangun skuat idamannnya di musim 2015/16, di tengah-tengah kompetisi masih berlangsung. Saat itu, dirinya hanya merekrut pemain muda seperti Marko Grujic, Steven Caulker, dan Danny Ward pada bursa transfer musim dingin pertama.

Tidak ayal, akhirnya Liverpool harus finis di peringkat delapan dan menjadi tim Premier League masih diragukan saat musim itu. Akan tetapi, mereka berhasil menggapai babak final di dua kompetisi seperti Liga Europa dan juga Carabao Cup.

Pemain yang Dipercaya Klopp

Transfer Jurgen Klopp Membuat Liverpool Menjadi Semakin Kompetitif

Musim 2016/17, Liverpool diberitakan merekrut Sadio Mane dengan nilai 61 juta poundsterling sekaligus nama Joel Matip dan Georginio Wijnaldum. Memang sangat tinggi, namun The Reds juga perlu menjual 12 pemain intinya seperti Martin Skrtel, Joe Allen, termasuk Luis Alberto.

Setelah itu, musim berikutnya ternyata Klopp nekat memboyong gelandang serta pemain bertahan terbaik Inggris dengan total ratusan poundsterling. Nama seperti Mohamed Salah, Oxlade-Chamberlain, Virgil van Dijk dan Andrew Robertson diangkut oleh pihak tim asuhan pelatih asal Jerman itu.

Saat itu, media melaporkan jika nama Salah dan van Dijk merupakan pemain penting. Bahkan, saat ini mereka menjadi pemain krusial di timnya karena belum tergantikan. Namun, pada dua musim lalu mereka harus kalah saat bertemu Real Madrid dalam partai Final Liga Champions ketika kiper mereka Loris Karius melakukan blunder.

Kiper Andalan

Musim 2018/19 adalah musim terbaik bagi Liverpool asuhan Jurgen Klopp. Alasannya adalah dibuktikan dengan bahwa mereka mampu meraih beberapa trofi meski bukan Premier League.

Liverpool ketika itu, mempercayakan sosok kiper Alisson Becker yang dibeli mahal dan menjadi kepercayaan tim The Reds. Saat itu, Karius yang sebelumnya melakukan blunder di Liga Champions akhirnya dibuang ke klub Turki, Besiktas dengan status pinjaman.

Kematangan Liverpool asuhan Klopp musim ini sebenarnya dipercaya bisa meraih gelar Premier League lagi. Memiliki pemain yang sesuai dengan kebutuhan pelatih di setiap lini menjadi bukti bahwa mereka mampu menjadi pesaing terberat Manchester City.