, , ,

UEFA Akan Siapkan Format Baru Aturan Kompetisi Euro 2020

by
UEFA Akan Siapkan Format Baru Aturan Kompetisi Euro 2020

Ulasanbola – Adanya pandemi virus corona ternyata berdampak besar atas sepakbola di seluruh benua Eropa. Kompetisi Euro 2020 diperkirakan bakal mengubah format mereka karena pandemi ini oleh keputusan UEFA.

Banyak yang kita keketahui, bahwa Euro memang diselenggarakan oleh UEFA empat tahun sekali seperti biasa. Turnamen raksasa seperti ini bisa mempertemukan negara-negara paling kuat di Eropa untuk bisa bertanding memperebutkan trofi yang diprakarsai oleh Henri Delaunay.

Euro 2020 sebenarnya bakal digelar pada bulan Juni-Juli tahun 2020 ini. Akan tetapi, turnamen besar Eropa ini resmi diundur satu tahun karena adanya pandemi Corona yang mewabah di Eropa.

Media bahkan sempat melansir karena adanya dampak lanjutan karena penundaan Euro 2020 yang awalnya datang dari China. Kemudian, format turnamen Euro 2020 diyakini terancam berubah karena terjadi pandemi akibat virus ini.

Mengurangi Venue Pertandingan

UEFA Akan Siapkan Format Baru Aturan Kompetisi Euro 2020

Seperti yang semua ketahui, bahwa kejuaraan Euro 2020 di benua Eropa sangat spesial karena sudah dilaksanakan sejak lama. Informasi tambahan, bahwa kejuaraan seperti ini memperingati 60 tahun Euro pertama kali digelar.

Sebelumnya, UEFA memilih untuk menerapkan format yang sangat unik jika harus ada perubahan. Karena sebelumn turnamen digelar di 10 Negara Eropa, kini mereka hanya memilih satu atau dua negara saja seperti penyelenggaraan di tahun-tahun sebelum adanya pandemi.

Jika kita melihat adanya pandemi Corona di Italia dan Spanyol, UEFA akhirnya memilih untuk tidak akan menggelar pertandingan di Bilbao dan juga Roma. Mereka juga akan memutuskan untuk mengubah formatnya dalam menyelenggarakan hanya di satu atau dua negara saja yang bisa menyesuaikan.

Masih Perencanaan

Keputusan UEFA tang akan mengubah format untuk penyelenggaraan Euro 2020 ini ternyata masih bersifat wacana semata. Mereka yang tahu jika 10 negara yang sudah mempersiapkan komepetisi Euro, sudah jauh-jauh hari merasa keberatan jika kompetisi hanya dipilih satu atau dua negara.

Maka dari itu, negara-negara yang sudah mempersiapkan format kompetisi ini bakal membahas lebih lanjut UEFA, dan akan dilakukan rapat beberapa waktu nanti.

Pihak UEFA sendiri mengharapkan jika kejuaraan Euro 2020 tetap digelar setelah tanggal 30 Juni. Namun, jika melihat perkembangan saat ini, sepertinya juga akan ada kecil kemungkinan untuk kompetisi lainnya bisa dilanjutkan kembali.