Valentino Rossi Harus Bersinar Lagi Dengan Tidak Menuruti Egonya

by
Valentino Rossi Harus Bersinar Lagi Dengan Tidak Menuruti Egonya

Ulasanbola – Sporting Director dari LCR Honda, Oscar Haro menjelaskan tentang akhir 2020 nanti adalah waktu yang tepat bagi rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi memilih pensiun dari balap MotoGP. Hal ini dia sampaikan dalam wawancaranya dengan media setempat karena berhubungan baik dengan sang pembalap.

Haro sendiri sudah berkecimpung di arena Grand Prix sejak tahun 1987 dan sudah dikenal dengan banyak orang, termasuk Rossi. Meskipun begitu, Haro juga memiliki pandangan mengenai karier The Doctor, setelah Rossi memilih untuk tetap balapan pada 2021 meski tidak lagi membela tim Yamaha.

Kemudian Haro menambahkan, jika Rossi memang belum menang lagi sejak Seri Assen, di Belanda pada tahun 2017 lalu. Pembalap bernomot 46 itu memiliki musuh besar dalam kariernya hingga saat ini: bukan Maverick Vinales meski menjadi tandemnya, namun itu adalah egonya yang memaksakan dirinya untuk tetap balapan meski usianya sudah 41 tahun.

Hindari Kebiasaan Rival

“Semua orang mengakui, rival utama pebalap tersebut adalah tandemnya sendiri, namun untuk rider dengan nama besar seperti Rossi, rival utamanya adalah ego sendiri. Saya sendiri merasa Rossi sudah harus pensiun, meskipun dirinya masih ada di kelas atas. Dirinya adalah pebalap, meskipun Marc Marquez terpuruk namun bisa menjadi juara dunia. Hal ini sepertinya menjadi sulit,” ungkap Haro.

Haro sendiri mengaku tidak ingin Rossi mengikuti jejak tujuh kali juara dunia Formula 1 dan menjadi legenda Scuderia Ferrari yaitu Michael Schumacher. Pembalap F1 itu memang sempat pensiun pada akhir 2006 meski kembali balapan lagi pada tahun 2010 bersama pabrikan Mercedes GP Petronas walaupun hanya meraih satu podium sebelum pensiun pada akhir 2012 lalu.

“Untuk saat ini, Rossi sedang dalam situasi yang sempurna untuk pensiun dan meninggalkan benderanya yang masih berkibar sehingga dirinya tidak menjadi Michael Schumacher. Hal itu dilakukan meski sang pebalap tersebut mengakhiri timnya menjadi tim yang tidak kompetitif karena tidak mampu meraih hasil terbaiknya lagi seperti sebelumnya, kemudian hal ini sedikit mengubah citranya sebagai pebalap,” jelasnya.

Rossi Masih Mencari Tim

Haro ternyata juga mengakui tidak terlalu senang dengan sembilan kali juara dunia seperti Rossi membela tim satelit seperti Petronas Yamaha SRT pada tahun 2021. Berita yang santer dibicarakan itu juga tidak menjamin dirinya bakal mendapat kontrak serta dukungan penuh dari pabrikan motor Yamaha.

“Yang jelas, Rossi harus membela tim dengan struktur yang lebih rendah karena faktor usia,” tutup Haro.