,

Wenger: Chelsea Memang Pantas Kalah Karena Melanggar Peraturan

by
Wenger: Chelsea Memang Pantas Kalah Karena Melanggar Peraturan

Ulasanbola Arsene Wenger yang pernah melatih Arsenal selama 22 tahun akhirnya buka suara seputar analisis partai leg pertama Liga Champions dini hari tadi. Laga yang mempertemukan Chelsea dengan Bayern Munchen di Stamford bridge tersebut disebut sudah melanggar aturan pertama dalam permainan.

Alasan Wenger berbicara seperti itu secara kontekstual karena menganggap para pemain Arsenal  tidak bermain sesuai aturan yang dirinya buat sendiri. Laga yang harus berakhir dengan skor tiga gol tanpa balas dari The Bavarians sebagai tamunya.

Jika dilihat kembali, Chelsea sangat tidak berdaya saat bermain di markas sendiri untuk melawan Bayern Munchen. Mendapat 16 tembakan yang menghujan gawang yang dijaga Wilfredo Caballero sepanjang permainan berjalan. Dalam penguasaan bola pun mereka juga kalah telak dengan presentase 34 persen saja berbanding 64 persen selama 120 menit.

Mendapat trend negatif di kandang sendiri ini membuat kans untuk melanjutkan perjalanan ke babak selanjutnya menjadi kecil. Leg kedua bulan Maret nanti, ternyata mereka harus terbang ke Jerman mengejar defisit gol di kandang lawan, Allianz Arena.

Aturan Penting Pertama

Wenger: Chelsea Memang Pantas Kalah Karena Melanggar Peraturan

Dua klub asal Eropa tersebut jelas menarik perhatian termasuk Wenger yang sekarang menduduki di kursi FIFA. Mantan pelatih Arsenal terebut memaparkan seputar analisisnya kepada media di Eropa.

“Saya bingung dengan yang Lampard sudah pelajari… seharusnya dia sudah tahu, karena mereka tidak kalah dalam lima laga kandang dan lebih superior ketimbang setiap tim yang dilawan,” ucap Wenger.

“Pada level itu, dengan memberi penguasaan bola pasti bakal mendapat hukuman karena mereka membuat para pemain terlalu sering berlari, hal itu tidak mungkin bertahan dengan durasi 90 menit,” paparnya.

“Bermain di Liga Champions, jika kehilangan sisi tengah lapangan pasti membuat tim berada dalam masalah besar. Saya baru mengucapkan aturan nomor pertama seperti itu,” jelasnya.

Dampak Buruknya

Jika di tengah lapangan saja dikuasai oleh lawan, Chelsea pasti akan kehilangan kesempatan untuk menguasai bola. Penyerang mereka juga terisolir dan kesulitan untuk mencetak gol termasuk menciptakan peluang bersama kawan-kawannya.

Namun berbanding terbalik dengan tim lawan karena sering mendapat keuntungan setiap memulai serangan. The Bavarians lebih leluasa dalam membuat peluang hingga tuan rumah menjadi bulan-bulanan dan mendapatkan akibatnya.