, , ,

Wisma Atlet Menjadi Rumah Sakit Darurat Korban COVID-19

by
Wisma Atlet yang dibangun saat Indonesia menggelar Asian Games 2018 sekarang sengaja beralih fungsi. Hal itu ternyata dil

Ulasanbola – Wisma Atlet yang dibangun saat Indonesia menggelar Asian Games 2018 sekarang sengaja beralih fungsi. Hal itu ternyata dilakukan pemerintah karena terjadi pandemi virus Corona yang sedang melanda. Pemerintah Joko Widodo akhirnya menjadikan wisma atlet sebagai Rumah Sakit Darurat khusus untuk korban Covid-19.

Presiden Jokowi sempat mengatakan, jika Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, mampu menampung 3.000 pasien. RS ini dapat digunakan para korban yang terinfeksi virus Corona mulai hari Senin (23/3/20) ini.

Kemudian, Presiden menjelaskan setelah meninjau beberapa ruangan di Tower 7 Wisma Atlet ini akan digunakan untuk menangani pasien Covid-19 atau Corona.

“Saya baru saja cek kesiapan Wisma Atlet ini, karena akan kita gunakan untuk persiapan penanganan virus Corona. Saya sampaikan juga, Wisma Atlet ini memang memiliki kapasitas 24.000 orang dan sudah disiapkan untuk total 3000 pasien,” ucap Jokowi.

Tim miliknya sendiri sudah menata ruangan di Wisma Atlet Kemayoran, dan sesuai seperti Rumah Sakit. Manajemen yang melakukan pekerjaan ini dilakukan demi kebaikan para pasien, dokter dan juga paramedis yang bertugas.

“Semua telah ditata rapi dengan sebuah manajemen yang baik. Semua memang untuk pasien, dokter, serta paramedis. Semuanya juga ditempatkan dengan manajemen ruang masing-masing yang berbeda. Saya melihat sarana dan prasarana juga siap untuk menangani para pasien Covid-19. Fasilitas yang dimaksud itu seperti ventilator, APD juga siap sehingga kita berharap RS bisa digunakan layak,” jelas Jokowi.

Fasilitas untuk Atlet

Wisma Atlet Menjadi Rumah Sakit Darurat Korban COVID-19

Wisma Atlet sebelumnya dipakai untuk menunjang kompetisi Asian Games 2018 yang terjadwal. Tidak hanya atlet dari Indonesia yang menggunakan, tetapi wisma itu juga digunakan untuk kontingen dari negara lainnya.

Tidak hanya tempat tidur, ternyata setiap kamar di Wisma Atlet juga dilengkapi dengan kamar mandi dengan fasilitas air hangat. Lalu fasilitas penunjang lainnya, seperti sofa, televisi, AC, dan perlengkapan rumah lain dipersiapkan.

Perlu diketahui juga bahwa pandemi virus Corona saat ini sedang melanda Indonesia. Berdasar data hingga hari Minggu (22/3/20) lalu, pasien yang terjangkit virus Corona mencapai 414 orang dengan pasien meninggal 48 orang, namun tetap ada pasien yang sembuh sebanyak 29 orang.