Zidane: Ramos dan Ronaldo Adalah Pemimpin Real Madrid

by

Ulasanbola – Mantan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane mengungkapkan bahwa ketika melatih El Real dirinya mempunyai dua sosok pemimpin di dalam timnya. Kedua sosok tersebut tidak lain Sergio Ramos dan Cristiano Ronaldo dengan karakter pemimpin yang berbeda.

Sebelumnya, karir Zidane di dunia kepelatihan di mulai pada bulan Januari tahun 2016 lalu, saat dirinya ditunjuk Madrid untuk menggantikan Rafael Benitez. Dalam waktu singkat, mantan pemain timnas Prancis itu sukses mempersembahkan gelar Liga Champions.

Selama dua setengah musim melatih Los Blancos, Zidane sukses mencatatkan rekor baru dalam sejarah sepak bola dengan menyabet trofi Liga Champions tiga kali beruntun. Namun tidak disangka, secara mengejutkan Zidane memutuskan untuk memundurkan diri sebagai pelatih, di saat Madrid tengah berada dalam kesuksesannya.

Ramos dan Ronaldo

Ramos dan Ronaldo

Zidane pun mencoba mengenang masa-masa saat dirinya melatih Madrid dan mengingat kepribadian luar biasa dari anak asuhnya. Pelatih berusia 46 tahun itu menyebut Ramos dan Ronaldo memang sosok seorang pemimpin yang konstruktif bagi rekan-rekan mereka.

“Sergio Ramos adalah pemimpin sejak lahir, dan dia memiliki kehadiran besar ketika berada di ruang ganti.” ungkap Zidane.

“Dan Cristiano Ronaldo adalah pemimpin lapangan, dia sosok yang menginspirasi untuk rekan-rekannya.” tambahnya.

“Mereka berdua merupakan pemain yang memiliki energi serta pengaruh besar untuk tim, mereka juga saling melengkapi satu sama lain.” tandas Zidane.

Kepergian Zidane dan Ronaldo memang menimbulkan pertanyaan mengenai bagaimana nasib Madrid di musim ini. Tetapi di bawah kepelatihan Julen Lopetegui, Los Blancos tetap tidak menurun dari standart permainannya di musim ini. Terbukti dari tiga laga di awal ajang La Liga musim 2018/19 ini, Lopetegui berhasil menyapu bersih 9 poin bersama Madrid.